#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Berburu Kuliner khas Sulawesi, salah satunya Coto Makassar dan Sop Konro

DIOLUHTAN. Selain kuliner Coto dan Sop Konro, di Kota Makassar, Sulawesi Selatan memiliki sejumlah kuliner andalan. Antara lain Mie Titi, Es Pisang Ijo, Kapurung, Pisang Epe. Mie Titi misalnya, berbahan baku mie yang digoreng kering. Mie Titi bisa ditemukan di Jl. Irian dan Jl. Datumuseng.
Ada juga ES Pisang Ijo. Kita bisa menikmati di Jl. Andalas. Di warung ini juga menyediakan menu makanan seperti gado-gado, sup buntut. Jangan lupa ada disiapkan di sini kudapan khas dari Makassar, yakni Jalan Kote.
Kuliner lainnya adalah Kapurung. Untuk makanan yang satu ini khas dari Kabupaten Mamuju dan Palopo, Sulawesi Selatan. Kapurung merupakan makanan berkuah segar terdiri dari bola-bola sagu dan kuah ikan, udang, ayam maupun daging ikan. Sayurnya pun beragam bayam, kangkung, jantung pisang, terung, kacang panjang, dsbnya.
Selain Kapurung, masih ada yang namanya Pisang Epe. Di Tanjung Bunga, pinggir Pantai Losari, banyak yang menjual. Bahkan ada areal khusus jajanan kaki lima. Tinggal pilih sesuai selera.
Ada juga Pallu Basa. Kuahnya mirip tampilan empal gentong. Kuah santan berempah ini ‘ditebalkan’ dengan kelapa sangrai. Minyak pada kelapa menghasilkan rasa gurih yang luar biasa pada lauk berteman nasi ini. Jeroan dan daging sapi menjadi pilihan proteinnya.
Masih ada lagi yang namanya Sup Ubi. Lebih mudah ditemukan di kaki lima ketimbang di restoran. Berikutnya ada Pallu Mara. Lauk berkuah asam-segar yang dimasak bersama bandeng atau cakalang. Kesegaran yang memang pas berteman ikan itu adalah kuah kuning kunyit, air asam jawa, dan tomat merah.
 (Y.A.Y)
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment