Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Resep Herbal untuk Kesehatan

DIOLUHTAN-suluhtani. Ramuan tradisional adalah media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan–bahan alamiah sebagai bahan bakunya. Berbagai jenis tanaman yang berkhasiat obat sebenarnya banyak yang dapat diperoleh di lingkungan sekitar, seperti di halaman rumah, pinggir jalan, atau di dapur sebagai bahan atau bumbu masakan
Ramuan tradisional di Indonesia berawal dari kebutuhan persediaan obat yang sangat mendesak pada zaman pendudukan Jepang, kalangan medis mulai melakukan banyak penelitian dan uji klinis terhadap banyak tanaman obat, terutama tanaman obat asli Indonesia.
Perkembangan teknologi untuk penelitian–penelitian tanaman obat dari kalangan medis banyak yang menganjurkan untuk menggunakan pengobatan dengan ramuan tradisional. Tak jarang, para dokter mengombinasikan pengobatan modern dengan pengobatan yang menggunakan ramuan tradisonal.
Foto: doktersehat.com

Berikut beberapa tips herbal untuk Anda:

1. Tenggorokan Sakit saat Menelan
Air jeruk nipis atau lemon kasih garam dan air panas, kalau sudah hangat di minum terus sampai bisa sehat lagi.
2. Sakit Pinggang
Perbanyak rebus bawang bombay dan daun salam minum selagi msh hangat 3x sehari.
3. DBD ( Demam Berdarah)
Daun ubi jalar di rebus minum 3x sehari misal 1 ikat mencapai setengah kg di rebus dengan 8 gelas air jadikan 4 gelas air.
4. Jerawat
Air jeruk nipis dan putih telur kocok hingga berbuih ambil buihnya taruh di kapas pembersih muka lalu tempelkan ke muka yang berjerawat diamkan sampai kering lalu bilas pakai handuk kecil yg sudah di rendam dengan air hangat lalu bilas dengan air dingin. Hindari makan telur, udang dan ayam jangan mengunakan sabun cuci muka setelah cuci bersih pakai minyak Argan atau air bunga mawar yang di rendam sendiri.
5. Syaraf Menyempit
Teraphy pemijatan dan banyak minum rebusan jahe merah campur gula kelapa bisa juga dengan gula aren jangan minum air dingin atau es biar pembuluh darah tidak tersumbat .
6. Obat Gatal termasuk Alergi Air dan sebagainya.
Cara1: Untuk obat gatal rebus daun sirih buat mandi hindari mkn daging ayam telur udang ikan laut pepaya labu siam. Perbanyak minum temu hitam 1x mau tidur di minum 3 sendok makan saja beri air hangat.
Cara 2: Bisa juga dengan 71 lembar daun sambung nyawa, 30 gr sambiloto , 500 cc air cuci bersih semua bahan dan rebus dgn 500 cc air jadikan 1 gelas, minum selagi masih hangat dan untuk balur bisa dengan air jeruk lemon dan minyak kelapa murni,,,bagian yg alerghy jangan di sabun saat mandi.
7. Penyubur Kandungan
Perbanyak makan tauge kacang hijau dan daging segar dan buah2an. Hindari makan buah nanas nangka, manggis dan durian. Perbanyak minum kunyit asam.
8. Batuk Berdahak
Rebus blimbing wuluh bersama bunganya dengan gula batu minim 3x sehari minumnya masih hangat (hindari minum dingin dan minum es) boleh juga air lemon ksh garam dengan air panas, beri sedikit perasan air jahe. Air jeruk nipis dan perasan daun mint beri air panas dan garam sedikit.
Foto: viva.co.id
9. Kanker Payudara 
Daun sirih merah di jus 7 lembar saring dengan kain bersih minum dengan air hangat 3x sehari sehabis makan tunggu 20 menit, ampasnya buat balur di benjolan kanker.
10. Sinusitis 
Sediakan 3 buah jeruk nipis kupas kulitnya dan belah jadi 4, lalu 5 batang serai memarkan dan 7 lembar daun sirih yg sudah tua, 20 biji cengkeh, 8 biji kapulaga dan 2 ruas jari jahe memarkan rebus dengan 6 gelas air jadikan 3 gelas, minum selagi agak panas 3x sehari harus rutin tiap hari selama 1 minggu
Semoga bermanfaat
Disarikan dari berbagai sumber

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment