#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Rangkaian Ekspo dan Kontes ternak 2019 Kab. Bone: Bakti Sosial Hewan Kesayangan

DIOLUHTAN-suluhtani. Sulsel. Menurut id.wikipedia.org menerangkan bahwa hewan peliharaan atau hewan kesayangan adalah hewan yang dipelihara sebagai teman sehari-hari manusia. Hewan peliharaan berbeda dari hewan ternakhewan percobaanhewan pekerja, atau hewan tunggangan yang dipelihara untuk kepentingan ekonomi atau untuk melakukan tugas tertentu. 
Hewan peliharaan yang populer biasanya adalah hewan yang memiliki karakter setia pada majikannya atau memiliki penampilan yang menarik, atau kemampuan menarik tertentu seperti mengeluarkan suara yang indah. Sangat umum disekitar kita untuk mempunyai hewan peliharaan atau biasa disebut pets di rumah, biasanya adalah hewan yang jinak sehingga bisa dipelihara, disayang dan tidak berbahaya. Walaupun secara teori seseorang dapat memelihara hewan apa pun sebagai hewan peliharaan, dalam praktiknya hanya spesies-spesies tertentu saja yang umum sering dijumpai, terutama hewan kecil (anjing, kucing, dan kelinci), burung, dan ikan hias.
Sehubungan dengan hal tersebut, Dinas Peternakan Kabupaten Bone  mengadakan kegiatan Bakti Sosial Hewan Kesayangan kepada seluruh masyarakat pemilik hewan peliharaan di Kabupaten Bone. Bakti sosial ini diselenggarakan dalam rangkaian Ekspo dan Kontes Ternak Kabupaten Bone 2019 untuk menyemarakkan Hari Jadi Bone (HJB) ke-689.
Ketua panitia Ekspo dan Kontes Ternak 2019, Ir. Darmawaty mengungkapkan bahwa kegiatan baksos ini akan dilaksanakan bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang Sulawesi Selatan ranting Bone.
Kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan ini berupa pemeriksaaan kesehatan hewan, konsultasi, pengobatan penyakit, vaksinasi rabies dan demo grooming. Menurut Darmawaty bahwa baksos ini dilaksanakan sehari yaitu hari minggu mulai pukul 08.00 sampai 12.00 WITA. “Kegiatan baksos akan dilaksanakan pada hari libur, mudah-mudahan masyarakat pemelihara hewan ikut berpartisipasi dalam acara tersebut, apalagi kegiatan-kegiatan dalam baksos tersebut banyak termasuk demo grooming pada hewan kesayangan sehingga masyarakat pun dihimbau untuk menghadiri sebagai sarana hiburan” ungkap Kabid Pengembangan Usaha dan Penyuluhan, Dinas Peternakan Kab. Bone.
Untuk informasi selengkapnya mengenai hewan apa saja yang akan dilayani serta keikutsertaan hewan kita dalam Bakti Sosial Hewan Kesayangan ini dapat menghubungi drh. Agusriady dengan contact person 08114212785. Kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang perlunya pengetahuan tentang tata cara pemeliharaan binatang kesayangan/peliharaan yang baik, benar dan sehat.
Andi Elya Azis
Penyuluh Pertanian Kab. Bone
(Sumber Gambar: Panitia Ekspo dan Kontes Ternak, Dinas Peternakan Kab. Bone 2019)


Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment