#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Metode Agar Kentang Tidak Berubah Warna Setelah Dikupas

DIOLUHTAN-suluhtani. Jika tidak cepat diolah, kentang yang sudah dikupas akan berubah warna menjadi kecokelatan. Untuk menghindarinya, Anda bisa ikuti tips ini.
Tampilan kentang dengan warna yang kecokelatan memang sangat mengganggu. Meskipun 100% masih bisa dikonsumsi, tapi dengan tampilan yang kurang bagus bisa membuat selera makan menurun. Dilansir dari Fox News (21/09) dengan 3 tips ini bisa menghindari perubahan warna pada kentang setelah dikupas.
 Metode Agar Kentang Tidak Berubah Warna Setelah Dikupas (Dok : iStock)

Agar Kentang Tak Berubah Warna Setelah Dikupas, Lakukan 3 Hal Ini : 
1. Jangan biarkan kentang teroksidasi
Setelah kentang dikupas, biasanya akan cepat berubah warna menjadi cokelat. Hal tersebut karena kentang mengandung pati atau tepung. Jika terkena udara, kentang akan menjalani proses oksidasi. Sehingga menyebabkan warna kentang berubah menjadi cokelat. Meskipun masih bisa dikonsumsi, tetap saja tampilan yang tidak bagus dan tidak menarik.
(Dok : iStock)

2. Merendam kentang dengan air
Supaya kentang yang sudah dikupas tidak berubah warna menjadi cokelat, rendam kentang-kentang tersebut dalam air. Perendaman kentang dalam air bisa memperlambat proses oksidasi yang terjadi pada kentang. Bahkan kentang bisa bertahan sampai 24 jam lamanya. Kentang yang diparut akan lebih cepat mengalami perubahan warna, untuk itu gunakan air dingin untuk merendamnya.
(Dok : iStock)

3. Menambahkan asam pada rendaman kentang
Jika Anda ingin menyimpan kentang lebih lama lagi, misalnya selama semalam, tambahkan sedikit asam ke dalam rendaman kentang merupakan pilihan yang tepat. Dengan menambahkan asam akan menurunkan PH kentang sehingga membantu melawan oksidasi pada kentang. Anda bisa memakai air jeruk nipis/ lemon atau cuka putih. Tambahkan satu sendok teh dalam rendaman kentang. Kentang tidak akan berubah warna dan berubah rasa.
Demikianlah tips untuk menghindari perubahan warna pada kentang yang telah dikupas. Karena jika tidak cepat diolah, kentang yang sudah dikupas akan berubah warna menjadi kecokelatan. Semoga bermanfaat. 
Editor : Y.A. Yahya

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment