#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Kelompok Tani-Ternak "Berkah" mendapatkan Berkah

DIOLUHTAN-suluhtani. Sulsel. Kelompok Tani “Berkah” yang bergerak di bidang usaha Peternakan dikunjungi oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulawesi Selatan, Ir. H. Abdul Azis, MM beserta rombongan bersama Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Bone, drh. H. Aris Handono di Kandang kolektif Usaha Penggemukan Sapi Potong, Desa Masago, Kec. Patimpeng, Kab. Bone, Provinsi Sulawesi Selatan , (Selasa, 09/10/2018).
Kadis Peternakan dan Keswan Prov. Sulsel (kiri) didampingi Kadis Peternakan Kab. Bone bersama rombongan 

Hadir pada kegiatan kunjungan tersebut, Penyuluh Pertanian Dinas Peternakan Kab. Bone (Andi Ampa, SP, Amir K, SP, Andi Rostam, SP, MSi, Kamaruddin, SP dan Yusran Yahya, SPt, MSi), para PPK Peternakan Kecamatan (Zainuddin dan Darmawan, SPt), Penyuluh Pertanian Dinas TPPH Kab. Bone (Andi Elya Azis, SPt), Kepala Desa Masago yang diwakili Sekretaris Desa (Andi Bahraen, S.Sos), Babinkantibmas (Aiptu Abd. Azis), Pengelola Kandang Kolektif Kelompok Berkah (Andi Baso) beserta anggotanya.


Kadis Peternakan Sulsel, Ir. H. Abdul Azis, MM saat kunjungannya menyebutkan, sangat mengapresiasi Kelompok Tani Berkah yang  sudah bisa membuat pakan dengan memanfaatkan limbah pertanian, mengelola kotoran sapi sebagai pupuk dan biogas serta memiliki jaringan perdagangan sapi antar daerah. Pesan saya kepada peternak dan penyuluh untuk tidak bosan berkreasi serta berinovasi demi kemajuan pembangunan peternakan, terlebih lagi mampu menjadi inspirasi bagi masyarakat peternak lainnya seperti yang telah dilakukan oleh Kelompok Berkah dan penyuluhnya,” terangnya.
Kadis Peternakan Kabupaten Bone, drh. H. Aris Handono juga menyampaikan, bahwa kelompok Tani Berkah ini merupakan salah satu Kelompok tani-ternak unggulan yang tidak hanya membudidayakan dan menggemukkan ternak sapi, tetapi juga menghasilkan produk dari limbah ternak itu sendiri seperti pupuk bokhasi dan pupuk cair organik.”Kegiatan kunjungan ini juga dimaksudkan sebagai pembinaan, karena dalam waktu dekat para penyuluh pertanian akan melaksanakan programa mereka terkait pola peternakan yang terintegrasi, yaitu bagaimana memanfaatkan lahan/pekarangan rumah menjadi sumber penghasilan, produksi atau bahkan menjadi kawasan wisata edukasi peternekan,” kata Aris didampingi Penyuluh, Yusran Yahya.

(ki-ka) Penyuluh Disnak Kab. Bone (Yusran A. Yahya), Kadis Peternakan dan Keswan, Sulsel (Ir. H. Abd. Azis, MM), Andi Baso dan PPK Peternakan Patimpeng (Zainuddin)

Kadisnak, H. Aris handono juga sangat terkesan pada Kelompok Ternak ini, yang telah berhasil dalam mengelola usaha mereka dalam meningkatkan pendapatan para anggota kelompok. Semoga bisa menjadi contoh bagi peternak dan kelompok peternak lainnya agar kedepan akan juga ada kelompok ternak lainnya yang bisa mengikuti jejak sukses kelompok ternak ini,” tutup drh. Aris.
Kadis Peternakan dan Keswan Prov. Sulsel (kiri) memberikan arahan dan petunjuk kepada Pengelola Kandang Kolektif Klp, Tani Berkah di Masago, Kec. Patimpeng

Sementara, Andi Baso sebagai pengelola kandang kolektif Kelompok Tani Berkah, sangat berterimakasih atas kunjungan Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Sulsel dan Kadis Peternakan Kabupaten Bone beserta rombongan di Kelompoknya. “Kunjungan ini menjadi berkah bagi kami, dan berharap dengan kunjungan orang nomor satu di dinas peternakan provinsi dan dinas peternakan kabupaten, bisa menjadi stimulan penambah semangat bagi para pelaku peternakan di Desa Masago sehingga populasi ternak dan pendapatan peternak semakin meningkat” ungkapnya.
Y.A.Yahya








Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment