Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Serifsaga Agrihorti : Semangka Varietas Unggul Baru yang Manis dan Berdaging Merah

DIOLUHTAN-suluhtani. Buah tropika, rasa manis dan segar serta warna yang menarik pada buah semangka tentunya amat menggoda. Terlebih saat cuaca panas terik. Balai penelitian tanaman buah tropika (Balitbu) telah menghasilkan varietas unggul baru semangka. Namanya semangka Serifsaga Agrihorti.
Semangka merupakan salah satu jenis buah yang banyak diminati oleh masyarakat baik dalam maupun luar negeri, karena rasanya yang manis dan segar. Kandungan elektrolit dan air yang tinggi dalam semangka sangat baik untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Kandungan lemak dan kalorinya pun sangat rendah, hanya 30 kalori per 100 g.
Semangka kaya akan anti oksidan flavonoid seperti likopen, beta karoten, lutein, zeaxanthin, dan cyptoxanthin. Anti oksidan tersebut diketahui dapat mencegah kanker usus besar, prostat, payudara, endometrial, paru-paru, mulut rahim, dan pankreas. Kandungan likopen dalam semangka bahkan lebih tinggi daripada tomat. Semangka segar mengandung 3,4 mg likopen setiap 100 gramnya, sementara tomat hanya memiliki 2, 72 mg.
Selain nilai gizi tersebut, buah ini juga mempunyai nilai ekonomis tinggi dan  dapat ditanam daerah tropis dan subtropis. Petani menyukai usahatani semangka karena umurnya pendek dan mudah diperdagangkan. Produksi semangka di Indonesia mencapai 498 ribu ton pada tahun 2011 dan jumlah tersebut masih belum mencukupi kebutuhan konsumen dalam negeri.  Untuk mendorong kegiatan agribisnis semangka terutama pada sektor produksi buah dan benih diperlukan varietas unggul baru semangka dengan kualitas buah yang baik dan mudah diperbanyak benihnya.  Oleh karena itu diperlukan penyediaan  benih  semangka  varietas unggul sesuai preferensi konsumen yang berasal dari dalam negeri, harga murah dan mudah diproduksi oleh petani dalam negeri.
Balitbu telah melakukan serangkaian kegiatan pemuliaan semangka untuk menghasilkan varietas unggul baru. Kegiatan pemuliaan konvensional melalui hibridisasi dan penggaluran tanaman semangka telah dilakukan sejak tahun 2000. Tahun 2005 sampai 2011 Balitbu Tropika  menghasilkan  calon varietas  unggul baru (VUB) semangka Serif Saga Agrihorti,  hasil dari penggaluran koleksi plasmanutfah semangka Balitbu Tropika sampai generasi ke-6. Semangka Serif Saga Agrihorti ( BT1) ini merupakan varietas hasil penggaluran  dari persilangan dua tetua Tb dan SG.
Metode seleksi yang digunakan dalam perakitan varietas ini adalah seleksi massa positif yang dikombinasikan dengan seleksi massa negatif, yaitu dengan memilih tanaman yang mempunyai sifat-sifat baik, dan menyingkirkan tanaman dengan sifat-sifat jelek. Semangka ini mempunyai bobot per buah antara 4-6 kg, produksi 26,84-34,41 ton/ha, warna kulit buah hijau muda dengan pola lorek lebih lebar dengan warna hijau tua.
Keungulan varietas Serif Saga Agrihorti yaitu rasa daging buah manis dengan kadar PTT 10-12 o brix, produksi tinggi dan warna daging merah cerah sangat menarik. Konsumen lebih menyukai semangka berwarna merah cerah dan menarik, oleh karena itu semangka Serif Saga Agrihorti mempunyai peluang besar untuk dikembangkan dan disukai konsumen.
Karakter kualitatif yang membedakan Serif Saga Agrihorti dengan jenis lainnya yaitu karakter warna daging buah dan warna biji. Semangka Serif Saga Agrihorti mempunyai warna daging buah lebih merah dibanding semangka varietas Torino. Berdasarkan pengamatan warna daging buah menggunakan colour chart yang diproduksi The Royal Horticultural Society London, semangka Serif Saga Agrihorti mempunyai warna daging buah merah Red G43A, sedangkan semangka varietas Torino berwarna merah Red G43B. Kualitas warna merah Red G43A lebih kuat dibanding Red 43 B.

Tabel 1. Deskripsi semangka Serif Saga Agrihorti

Uji adaptasi dilakukan di KP Sumani Kabupaten Solok Sumatera Barat pada musim kemarau dengan intensitas hujan yang rendah-tinggi. Lokasi pengujian terletak di Kebun Percobaan Sumani, Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika yang berada di Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Propinsi Sumatera Barat pada ketinggian tempat 350 m dari permukaan laut (dpl),  tanah PMK (andosol) dengan karakteristik liat berpasir dan pH 4,5-5,0.  Kabupaten Solok mempunyai tipe hujan Equiatorial artinya sepanjang tahun berdasarkan data iklim menunjukkan bahwa curah hujan pada setiap bulan. Mempunyai dua puncak tipe hujan, yaitu bulan November dan Desember. Curah hujan terendah pada bulan Juni dan Juli. Rata-rata curah hujan di lokasi kajian adalah  195 mm/bulan, jumlah hari hujan 16 hari/bulan. Suhu udara berkisar 23 – 32 oC dengan kelembaban udara 60 - 80%.
Semangka Serif Saga Agrihorti dapat tumbuh optimal dan berproduksi dengan baik di lokasi pengujian. Kualitas buahnya terekspresi dengan optimal, dapat dilihat dari ukuran buah besar, rasa manis, warna daging merah dan kulit lorek hijau terang. Hal ini menunjukkan bahwa varietas tersebut dapat beradaptasi dengan baik di Kabupaten Solok terutama pada lahan sawah dimusim kemarau dengan ketinggian tempat 350 m diatas permukaan laut.
Editor : Y.A. Yahya

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment