#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Desa Mandiri Benih Kakao, Mulai jadi Pusat Studi Pelaku Kakao di Sulsel


DIOLUHTAN-Suluhtani. Sulsel. Ternyata tempat yang layak dikunjungi para pelaku kakao tidak hanya perkebunan kakao atau pengolahan cokelat. Salah satu tempat yang saat ini ramai dikunjungi adalah Desa Mandiri Benih Toradda yang merupakan pusat pembibitan kakao di Sulawesi Selatan.
Pusat pembibitan kakao tersebut berada di Desa Toradda, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, dimana di daerah tersebut berdiri sebuah unit pembibitan kakao megah  yang dikelola oleh Asosiasi Penangkar Kakao Luwu Utara. Di atas lahan kurang lebih setengah hektar teresebut, sejumlah petani kakao mengembangkan sebuah unit pembibitan dengan jumlah bibit yang ditangkarkan 50 ribu batang.
Desa Mandiri Kakao Desa Toradda menerima kunjungan Dirjen Perkebunan, Kementan RI

Namun entah bagaimaan tempat ini mendadak ramai dikunjungi para pelajar, pejabat negara. Kabarnya sejumlah anggota DPR, DPRD, pejabat dari Jakarta telah menyambangi tempat ini.
Di pusat pembibitan ini para pengunjung dapat melihat proses pembibitan kakao serta mendapatkan pelatihan cara membuat bibit sambung pucuk dengan klon MCC 02. Saat ini bibit yang dikelola petani di Desa Mandiri Benih ini sebanyak 150 ribu batang.
Jadi jika Anda ingin belajar tentang pembibitan  dan melihat proses penangkaran kakao maka Desa Toradda , Luwu Utara ini layak menjadi pilihan
Editor : Y.A.Yahya
Artikel dan Foto : www.kakao-indonesia.com

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment