#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Manfaatkan Bra "BH" Bekas, Metode Kreatif Peternak di Skotlandia untuk Cegah Sapi Sakit

DIOLUHTAN.suluhtani. Skotlandia. Seorang peternak sapi di Highlands, Skotlandia berhasil menemukan cara untuk mencegah sapi betinanya terserang radang pada bagian ambing (puting susu sapi).
Cara yang digunakan peternak itu yakni dengan memakaikan bra pada sapi betinanya. Adalah peternak Donald Ross, petani-peternak sapi di Easter Ross, Highlands, Skotlandia yang belum lama memiliki anak sapi yang baru lahir.

Namun masalah muncul saat anak sapi itu hanya mau menyusu induknya pada ambing bagian depan dan tidak mau menyusu dari ambing bagian belakang.
Jika, hal tersebut dibiarkan akan menyebabkan air susu pada ambing sapi bagian depan menumpuk dan pada akhirnya berisiko menyebabkan induk sapi terkena mastitis atau radang ambing susu.
Setelah mencari sejumlah cara, Ross akhirnya terpikir untuk memanfaatkan bra bekas milik istrinya. Bra bekas itu sedikit ia modifikasi dengan menambahkan tali elastis. Kemudian Ross memakaikan bra itu pada sapinya. Dengan dua ambing susu bagian depan tertutup bra, maka anak sapi akhirnya mau menyusu dari ambing bagian belakang. Melihat caranya berhasil Ross pun berpikir untuk membagikan tips tersebut kepada peternak sapi lain di lingkungannya.
Dia pun mengambil foto sapinya yang sedang mengenakan bra dan diunggahnya ke media sosial. "Saya ingin berbagi ide ini dengan komunitas peternak," kata Ross dikutip BBC.
"Mengenakan bra pada sapi akan meningkatkan kesejahteraan sapi itu. Kainnya lembut dan dapat dipasang menggunakan tali elastis," tambahnya.
"Sebenarnya bisa saja kita memerah ambing sapi yang tidak disusu anaknya dengan tangan tapi hal itu berisiko membuat sapi tidak nyaman dan bahkan bisa menendang orang yang sedang memerahnya."
"Cara memakaikan bra juga punya sisi positif lain karena bisa sedikit menghibur orang yang melihatnya."
Di negara Skotlandia, masyarakat khususnya peternak sedang menghadapi musim dingin yang keras “Dan hal itu terkadang membuat selera humor kami berkurang," ungkap Ross.
Artikel cegah sapi sakit ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cegah Sapi Sakit, Peternak di Skotlandia Ini Manfaatkan Bra Bekas", dengan Link Disini.
Editor : Y.A.Yahya

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment