Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

“Srikandi” Sapi Belgian Blue Hasil Transfer Embrio di BET Cipelang Disiapkan Menjadi Donor

DIOLUHTAN.suluhtani. Setelah berhasil melakukan transfer embrio sapi betina jenis Belgian Blue pada 9 Desember 2017 lalu yang diberi nama Srikandi oleh Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman. Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian melalui Balai Embrio Ternak Cipelang akan mengembangan sapi Belgian blue tersebut dengan melakukan transfer embrio dan Inseminasi buatan (IB).

Kepala Balai Embrio Ternak Cipelang, drh. Oloan Parlindungan, MP mengatakan, “Srikandi” sapi belgian Blue betina ini diharapkan nantinya akan dapat menjadi sapi donor di BET Cipelang yang akan menghasilkan embrio-embrio untuk disebar ke masyarakat. “Hasil produksi dari pejantan belgian blue maupun embrio, kita harapkan tahun 2022 sudah dapat kita sebar kepada masyarakat,” ungkap Oloan.
Lanjut Oloan menyebutkan, untuk pengembangan sapi Belgian blue murni yaitu akan dilakukan dengan produksi embrio dan semen beku. Adapun silangan antara transfer embrio dengan inseminasi buatan, nantinya akan menghasilkan embrio dengan memiliki darah Belgian blue sebesar 75%.
Pengembangan Sapi Belgian Blue ini demi terwujudnya Swasembada Protein Hewani serta menjadikan Indonesia menjadi Lumbung Pangan Dunia. 
Editor : Y.A. Yahya


Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment