Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Insektisida untuk Wereng dan Penggerek Batang

Kita telah tahu bagaimana akibat yang ditimbulkan oleh hama wereng dan penggerek batang. Jika kita tidak waspada dan tanggap situasi dan terlambat dalam pengendalian wereng dan penggerek batang maka tidak mustahil kita akan kehilangan hasil panen kita 100 %.
Dalam pengendalian kedua hama tersebut tidaklah harus selalu menggunakan insektisida kimia. Ada sebuah alternatif yang patut dicoba untuk mengendalikan kedua hama ini secara organik.
Alasan kenapa kita selalu dianjurkan menggunakan bahan organik adalah karena bahan tersebut bisa didapat tanpa membeli, bisa dibuat sendiri dan harganya biasanya relatif lebih murah.

Bahan  :
  • 20 liter air
  • bratawali 2 kg (boleh daun atau batangnya),
  • lengkuas/laos 2 kg,
  • kluwak muda 15 biji dan
  • 5 daun lidah buaya untuk perekat.
Cara Pembuatan :
  1. Semua bahan ditumbuk dan disimpan (difermentasi) pada wadah tertutup selama 3 hari
  2. Kemudian disaring
  3. Aplikasi/penggunaan pada saat penyemprotan yaitu 2 gelas aqua (250 ml) untuk satu tangki (10 liter)
Kalo kita lihat ada kandungan apa dari bahan-bahan yang digunakan tersebut diatas:
  1. Brotowali mengandung : Pikoretine; Alkaloida; Berberin; Columbin
  2. Rasa pahit pada kluwak disebabkan kandungan hydrocyanic acid
  3. Lengkuas/laos mengandung minyak terbang, minyak atsiri, eugenol, seskuiterpen, pinen, metil sinamat, kaemferida, galangan, galangol dan kristal kuning.
  4. Dan kandungan gel lidah buaya adalah air (98,5%), karbohidrat (0,3%), asam amino, lipid, sterol, tanin, dan beberapa enzim.
    Jadi jangan terlalu khawatir dengan wereng dan Selamat mencoba.
dari berbagai sumber

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment