#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Penyakit Bebek tidak serumit Penyakit Ayam

Selama ini bebek dikenal sebagai ternak yang memiliki daya tahan tinggi terhadap serangan penyakit baik oleh bakteri maupun virus. Seperti dituturkan Fahmi Anshari, peternak bebek dari Pallangga, Gowa, Sulsel, bebeknya jarang terserang penyakit. Kalaupun ada, penyakitnya tidak berat seperti di ayam. Tak heran jika Fahmy bertahan berternak bebek dari 2004 sampai sekarang.

Hal ini didukung pula oleh salah satu PPL bidang Peternakan Yusran A. Yahya, SPt, MSi, bahwa sudah banyak petrenak ayam dan bebek yg beliau wawancarai ternyata untuk urusan penyakit, bebek lah yang paling tahan, bahkan untuk flu burung sendiri, bebek tidak akan langsung mati seperti kalau ayam yang terkena, cuma bebek akan bersifat carier artinya bebek tersebut adalah agen pembawa virus flu burung tersebut.
Pendapat yang sama juga datang dari kalangan industri. Menurut Technical Support Medion Drh Christina Lilis L, penyakit bebek tidak serumit penyakit ayam, terutama jika dibandingkan dengan penyakit yang biasa menyerang ayam komersial. Hal ini karena bebek memiliki daya tahan tubuh  yang lebih tinggi dibandingkan ayam.
Lilis mencontohkan pada kasus Avian Influenza (AI) dan Newcastle Disease (ND), bebek bertindak sebagai hewan reservoir (tempat berkembang) virus AI dan ND. Artinya bebek bisa tahan terhadap virus AI dan ND tanpa menyebabkan sakit tetapi justru ia membawa dan menyebarkan virus AI dan ND kemana-mana.
Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment