Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Cara mengantisipasi & mencegah mati layu pada tanaman Pisang


Tanaman pisang adalah tanaman yang tidak memiliki kambium dan berbatang basah, yang merupakan salah satu jenis tanaman yang mudah terserang hama mati layu.

Banyak faktor dan penyebab mati layu tanaman pohon pisang yang diantaranya adalah   :
  1. Serangan Hama penyakit baik serangga, cacing, bakteri atau jamur.
  2. Banjir atau media tanah terlalu lembab.
  3. Kadar PH yang tidak seimbang sesuai dengan yang dibutuhkan tanaman.
  4. Pupuk atau penggunaan obat-obatan yang melebihi kadar dosis yang dibutuhkan.
  5. Kurangnya pemeliharaan dan perawatan.
  6. Kurangnya ketersediaan kebutuhan makanan yang dibutuhkan tanaman baik air, sinar matahari, nitrogen, phospor, kalium dan zat-zat mineral tertentu yang dibutuhkan tanaman.
  7. Bibit tanaman yang tidak sehat atau sudah membawa bibit penyakit.
  8. Kurangnya tingkat kegemburan tanah.
Berikut ini tips dan cara untuk mengantisipasi dan mencegah mati layu pada tanaman pisang, diantaranya adalah :
  1. Pilihlah bibit tanaman pisang yang sehat, usahakan yang sudah berbuah.
  2. Oleskan disinfektan atau insektisida pada ujung pangkal tanaman, dengan dosis secukupnya.
  3. Cangkul dan Gemburkan tanah sebaik mungkin.
  4. Buatlah bedeng-bedeng pada tanah yang telah di cangkul dan digemburkan secukup mungkin,usahakan jangan sampai terkena banjir atau genangan air.
  5. Berilah pupuk pada lubang galian untuk media tanam baik dengan pupuk kompos, pupuk kandang atau pupuk lainnya.Usahakan pupuk yang digunakan tidak melebihi dosis yang dibutuhkan tanaman, serta benar-benar sudah siap untuk tanaman.Lebih baik dibiarkan dulu dalam beberapa hari sebelum ditanam bibit, untuk menghindari kadar panas atau nitrogen yang berlebihan.
  6. Berilah insektisida untuk tanah pada media tanam seperti puradan atau yang sejenisnya.
  7. Berilah kapur pada media tempat tanam secukupnya untuk menghindari tingkat PH keasaman tanah yang berlebihan.
  8. Bersihkan pelepah atau daun pohon pisang yang telah kering.
  9. Peliharalah tanaman dengan baik usahakan tanaman tidak kekurangan akan pupuk atau sari makanan, kadar air dan sinar matahari.Pada musim kemarau usahakan penyiraman dilakukan setiap hari.
  10. Beri insektisida tanah minimal 2 bulan sekali untuk mencegah serangan hama penyakit baik dari batang, buah dan dari dalam tanah.
  11. Usahakan pohon pisang yang dipanen hanya diambil 3 kali buah, selebihnya buang dan gantilah pohon pisang yang telah berbuah 3 kali, di tempat yang baru atau beda tempat.
  12. Untuk mempermudah panen dengan menghasilkan buah pertama yang satu arah dengan tanaman yang lainnya, tanamlah bibit pohon bisang dengan pangkal batang menghadap sama dengan tanaman pohon pisang yang lainnya. 
Demikian tips dan cara menanam pohon pisang yang lebih menghasilkan dan terhindar dari mati layu.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba.
Jika anda mengalami kendala, permasalahan, atau sesuatu yang kurang dimengerti dapat menghubungi Kami baik melalui email, meninggalkan pesan pada kotak pesan atau menghubungi lewat FB : Yoush Anjazz Yahya.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment