#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Was-was Perihal Zoonosis

Diorama Penyuluhan Pertanian.
Indonesia sebagi negara kepulauan, memiliki kondisi letak geografis, geologis, hidrologis, dan demografis yang sangat menguntungkan sekaligus mendapatkan tantangan.
Kondisi yang dimiliki negara kita sangat menguntungkan, mengapa demikian karena dapat menjadi barrier/pembatas alam dan sosial sehingga dapat menghambat penyebaran zonoosis secara alami.
Namun dapat dikatakan menjadi tantangan karena Indonesia rawan sekali dengan bencana alam, heterogenitas adat istiadat antara daerah dan terjadinya disparitas kapasitas sumberdaya untuk pengendalian zoonosis.

 
Seiring dengan peningkatan ekonomi dan teknologi transportasi, sudah menjadi suatu keharusan untuk dapat memperkuat pelaksanaan sistem pencegahan penyakit menular termasuk zoonosis.
Penguatan pelaksaanaan sistem pencegahan penyakit dilakukan melalui penguatan koordinasi antar bidang seperti karantina pertanian, karantina kesehatan, perhubungan, TNI, Polri dan pemerintah daerah sehingga terbentuklah sebuah sistim yang terintegrasi guna mengurangi faktor resiko timbulnya KLB/Wabah akibat zoonosis baik dalam cakupan lalulintas domestik maupun internasional.
Berikut ini beberapa faktor resiko munculnya ancaman yang teridentifikasi melalui intensifikasi koordiansi tentang zoonosis yaitu:
  1. Deforestrasi hutan yang tidak terkendali;
  2. Kultur/budaya masyarakat yang tidak hidup dan memelihara hewan secara sehat;
  3. Lalu lintas hewan untuk hobi (berburu) yang tidak memenuhi peraturan, perdagangan hewan dan produknya secara ilegal dan migrasi alami akibat fenomena alam;
Sampai dengan saat ini kerentanan Indonesia dalam hal pengendalian penyakit menular terutama yang bersifat zoonosis terjadi karena disparitas kapasitas sumberdaya pengendalian zoonosis pada aspek kesehatan masyarakat terutama penyebaran sumberdaya manusia, logistik, dan aspek kesehatan hewan/veteriner akibat kurang kuatnya otoritas veteriner/kelembagaan pemerintah dalam bidang kesehatan hewan ditingkat kabupaten/kota
Sumber : Livestockreview.com

Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment