Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Cerita Motor dan Sapi.....

Suatu ketika, Pire' pergi ke rumah teman saya di Takalar. Namanya Anto, dia petani lombok/cabe sekaligus petani padi sawah. Sekitar jam 9 pagi, saya sampai di rumahnya. Kebetulan dia ada di rumah, dia sedang memandikan sapi.
assalamualaikum, Pak Anto
wa’alaikum salam, eh Daeng Pire'. Pa kabarnya?”. Pak Anto kalo memanggil saya dengan sebutan Daeng.

baik pak, wah sapinya gemuk-gemuknya di’
yaa daeng, buat dijual pas lebaran haji. Kan harganya bisa jauh lebih tinggi
Tak lama berselang , datang seorang sales motor, dia menawarkan sepeda motor kepada pak Anto.
maaf sebelumnya, nama saya Rudi. Ini pak anto kan”. Sambil menunjukan ke arah Pak Anto
betul, saya Anto. kok tau nama saya. Tau dari mana ya?”
Kalau bapak ini siapa?” sang sales balik tanya
lho kok malah tanya lagi, ini Pire' teman saya. Ada apa ya pak?” tegur Pak Anto
Saya datang ke sini mau ketemu bapak. Saya tau nama bapak, itu jelas, sebab pak Anto kan petani cabe sukses di daerah ini”. Si sales pun memuji-muji keberhasilan-keberhasilannya. Dan ujung-ujungnya diarahkan tuk membeli sepeda motor.
“dengan sepeda motor ini, bapak akan terlihat gagah. Apalagi kalo jalan-jalan keliling desa ini. Orang-orang akan memuji-muji bapak, apalagi motor bapak. Soal motor ini keluaran terbaru pak”
“ya sih pak rudi, tapi saya belum ada uang
“masalahnya bukan uang, uang mah gampang pak, kan ada sapi, jual saja sapinya. Kalo keliling desa pake sapi rasanya bagaimana gitu, pak. Nanti bapak terlihat kurang gagah pak, nanti dikiraiin mau balap sapi lagi” si sales pun menunjukan gambar motornya
“ya sih kang, motor ini cocok buat saya” sambil menunjuk salah satu motor yang berwarna biru. “Tapi…” pak Anto terlihat bimbang
“tapi apa pak?, motor ini kan keren dan mantap pak”
“ tapi…, saya takut diketawai sama para warga sini, pak?”
“ maksud bapak Anto?” si sales bingung
“ kalo saya jual sapi trus beli motor, bisa diketawai, pak”
Si sales heran, “ kok diketawai pak, memang kenapa?????”
“ ya iyalah pak. Mending-mending saya jalan-jalan pakai sapi, bagi saya itu sudah biasa. Tapi kalo saya bajak sawah pakai motor baru, kan bisa diketawai sama warga sini. Betulkan Daeng Pire'?”
Pire' cuma bisa cengar-cengir saja

“ Dasaaar Pak Anto, Au Ah gubrakkk”
Y.A.Y jokes
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment