Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Mengupas Energi sebagai “Hasil” Nutrisi Pakan

DIOLUHTAN-suluhtani. Kebutuhan nutrisi untuk hidup dan produksi ternak ruminansia dipenuhi dengan memberikan pakan yang berupa hijauan dan konsentrat. Hijuan terdiri dari rumput dan leguminosa. Pakan konsentrat di susun dari beberapa bahan pakan semacam biji-bijian, bungkil kedelai, tepung limbah ternak, lemak dan campuran vitamin dan mineral. Bahan pakan tersebut dengan bantuan mikroba didalam perut akan menghasilkan energi dan nutrisi yang penting untuk pertumbuhan, reproduksi dan kesehatan ternak.

Energi bukan merupakan nutrisi, tetapi merupakan hasil dari proses oksidasi bahan pakan yang akan menghasilkan energi dan nutrisi selama proses metabolisme. Nilai energi dari bahan pakan dapat diekspresikan dengan beberapa cara. 

Beberapa Bahan Pakan Serelia dan Limbahnya sebagai Sumber Energi

Pada penyuluhan pertanian ini, kita akan mengurai tentang Energi pada makanan ternak. Deskripsi diatas berhubungan dengan nilai energi, termasuk pengukuran (digestible energy, metabolisme energy dan lain-lain).

1. Pengukuran Unit Energi

Unit pengukuran energi dapat menggunakan kalori, erg atau Joule. Satuan tersebut dapat dikonversi antara satu satuan dengan satuan lainnya dan semua unit satuan benar. Di Amerika menggunakan satuan Joules sedangkan di Indonesia menggunakan satuan kalori.

Masing-masing unit satuan dijelaskan sebagai berikut:

Kalori (Cal)

Satu kalori adalah panas yang diperlukan untuk menaikkan temperatur 1 gram air dari 16,5°C menjadi 17,5°C. Karena panas spesifik air berubah dengan temperatur maka secara lebih akurat 1 kalori sama dengan 4,184 joules.

Kilo Kalori (kcal)

1 kilo kalori sama dengan 1.000 kalori dan merupakan unit yang sering digunakan pada pakan ternak.

Mega kalori

Satu megakalori sama dengan 1.000.000 kalori dan banyak digunakan untuk mengekspresikan kebutuhan nutrisi yang lain yang berhubungan dengan energi pakan

Joules

Satu joules sama dengan 107 erg (1 erg adalah jumlah energi yang diperlukan untuk mempercepat perpindahan masa 1 gram dengan kecepatan 1 cm/detik)

Gross Energy (GE)

GE merupakan energi yang dilepaskan sebagai panas jika suatu substansi dioksidasi menjadi karbon dioksida (CO2) dan air (H2O). Pengukuran GE menggunakan bom kalorimeter dengan tekanan oksigen 25 sampai 30 atmosphere.

Rumput Gajah sebagai Hijauan Sumber Energi

2. Terminologi Energi

Beberapa singkatan telah digunakan untuk mendeskripsikan fraksi energi pada sistem ternak. Masing-masing singkatan dijelaskan sebagai berikut:

IE (Intake Energy)

IE merupakan energi bruto yang terkandung dalam pakan yang dikonsumsi ternak. Nilai IE sama dengan berat pakan yang dikonsumsi dikalikan dengan GE (Gross Energy).

DE (Digestible Energy)

DE merupakan gross energi pakan yang dikonsumsi (IE) dikurangi gross energi pada kotoran sapi (feces).

FE (Fecal Energy)

FE adalah energi bruto yang terkandung dalan feces. Nilai FE dihitung dengan berat feces dikalikan dengan energi bruto yang terkandung didalamnya. FE bersumber dari energi dalam bahan pakan yang tidak tercerna (FiE) dan energi campuran bahan metabolik tubuh (FmE).

TDE (True Digested Energy)

TDE dihitung dari IE dikurangi dengan energi, kehilangan panas fermentasi dan gas pencernaan.

GE (Gaseous Energy)

GE berasal dari gas yang dihasilkan oleh fermentasi pakan. Gas yang utama adalah gas metan. Gas-gas lainnya adalah hidrogen, karbon monoksida, aseton, etana, dan hidrogen sulfida.

UE (Urine Energy)

UE merupakan energi bruto dari urin. Sumber EU adalah nutrisi yang tidak digunakan dan produk metabolisme.

ME (Metabolisme Energy)

ME merupakan gross energi pakan yang dikonsumsi dikurangi dengan gross energi pada feces, urine dan gas hasil metabolisme.

Net Energy (NE)

NE merupakan energi metabolisme dikurangi energi yang hilang sebagai tambahan panas atau panas yang timbul dalam tubuh oleh reaksi biokimia dalam saluran pencernaan atau dalam sel. Di daerah dingin panas tersebut dimanfaatkan untuk menjaga temperatur tubuh tetapi di daerah panas akan dibuang melalui konveksi ke udara sekeliling ternak. NE bisa terdiri dari energi yang digunakan untuk menjaga (maintain) tubuh atau kebutuhan hidup pokok dan produksi sehingga tidak ada NE absolut pada bahan pakan. NE bisa merupakan energi yang diperlukan untuk menjaga tubuh (NEm) dan energi untuk produksi (NEp).

TDN (Total Digestible Nutrient)

Sistem ini berdasarkan analisis proximat yang memberi nilai DE pada lemak dapat dicerna dan protein dapat dicerna. Sistem TDN merupakan bentuk pengukuran kompromi antara DE dan ME. (0,45 kg TDN setara dengan 2.000 kkal DE atau 1,600 kkal ME. Menurut NRC (National Researh Council) nilai TDN hampir semua merupakan hasil konversi dari ME, dengan persamaan: 1 kg TDN = 3.615 Kkal ME = 4.400 Kkal DE.

Itulah uraian singkat mengenai pengukuran unit energi dan terminologinya. Darimana sumber energi diperoleh yaitu pada karbohidrat. Karbohidrat ini merupakan sumber energi yang utama bagi ruminansia. Sumber karbohidrat untuk ternak dapat diperoleh dari hijauan makanan ternak dan konsentrat yang disusun dari biji-bijian (serelia) dan limbah pertanian. Biji-bijian yang dimaksud sepertu jagung, sorgum, gandum yang merupakan bahan pakan sumber karbohidrat. Di Indonesia juga terdapat sumber karbohidrat seperti gaplek, onggok, dedak dan sebagainya.

Biji Jagung, Pakan Sumber Energi

Demikianlah penyuluhan singkat ini, bahan pakan dengan bantuan mikroba didalam perut akan menghasilkan energi dan nutrisi yang penting untuk pertumbuhan, reproduksi dan kesehatan ternak. Energi bukan merupakan nutrisi, tetapi merupakan hasil dari proses oksidasi bahan pakan yang akan menghasilkan energi selama proses metabolisme.  Semoga bermanfaat.

Re-suluh: Yusran A. Yahya NS (catatan kuliah dan slide webinar)

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment