#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Menelusuri Komposisi Susu Kolostrum pada Sapi

DIOLUHTAN-suluhtani. Memang ada jenis sapi yang dikembangbiakkan secara khusus karena kemampuannya dalam menghasilkan susu dalam jumlah besar. Sapi tersebut termasuk bangsa sapi perah dalam spesies Bos taurus. Tapi untuk penghasil kolostrum, bukan cuma sapi perah saja, tapi sapi potong, hewan mamalia dan manusia.

Pada awalnya, manusia tidak membedakan sapi penghasil susu dengan sapi potong. Seekor sapi dapat digunakan untuk menghasilkan susu (sapi betina) maupun daging (umumnya sapi jantan). Namun, ketika seleksi buatan mulai diterapkan, jenis sapi tertentu dikembangkan sebagai sapi perah untuk menghasilkan susu dalam jumlah besar.

Penyuluh Pertanian memaparkan Pentingnya Kolostrum bagi Anak Sapi Baru Lahir 

Sapi perah merupakan sumber utama penghasil susu yang mempunyai Komposis nilai gizi tinggi. Walaupun ada pula susu yang dihasilkan oleh ternak lain misalnya kambing, domba, kerbau, dan kuda, tetapi penggunaan susu dari sapi di masyarakat tidaklah sepopuler susu dari ternak sapi perah.

Susu sapi

Susu Sapi adalah cairan hasil pemerahan yang sempurna, dan terus menerus dari ambing sapi yang sehat tanpa dibubuhi atau dikurangi bahan tertentu. Susu sapi merupakan sumber gizi terbaik bagi mamalia yang baru dilahirkan.

Susu sebagai makanan sempurna

Susu disebut sebagai makanan yang hampir sempurna karena kandungan zat gizinya yang lengkap. Selain air, susu mengandung protein, karbohidrat, lemak, mineral, enzim-enzim, gas serta vitamin A, C dan D dalam jumlah memadai.

Komposisi Susu sapi

Karena susu adalah benda cair sehingga Komposisi (susunan) terbesar susu sapi  terdiri dari air. Secara lengkap komposisi susunan susu sapi adalah sebagai berikut:

- Air ( 87,90 % ) 

- Bahan kering ( 12,1 % ) 

- Lemak ( 3,45 % )

- Bahan kering tanpa lemak ( 8, 65 % )

- Protein ( 3,20 % ) 

- Kasein ( 2,70 % )

- Albumin ( 0,50 % )

- Laktose ( 4,60 % ) 

- Vitamin, enzim, gas dan mineral

Manfaat Susu Sapi

Manfaat susu merupakan hasil dari interaksi molekul-molukel yang terkandung di dalamnya. Susu bernilai gizi tinggi dan dapat digunakan sebagai makanan manusia segala umur. Susu setelah proses kelahiran selama 7 hari disebut kolostrum.Baca Juga

ampas tahu kandungan manfaat dan fermentasi untuk ternak

mengapa mamalia terkadang memakan ari ari

perbedaan bulu dan rambut menurut anatomi biologi, struktur dan ahli

Susu Kolostrum

Apa itu susu kolostrum? Kolostrum adalah cairan susu yang diproduksi oleh manusia, sapi, dan mamalia lainnya sebelum ASI biasa dilepaskan. Jadi bukan hanya sapi perah saja yang menghasil susu ini. Kolostrum berbeda dari susu biasa kerana  sangat bergizi dan mengandung sangat tinggi kandungan antibody untuk anak atau bayi. Selain itu susu ini  mengandung konsentrasi zat padat yang tinggi sehingga terlihat lebih kental dan warna lebih pekat dari susu biasa.

Kolostrum Lebih Kental dan Warna Lebih Pekat dari Susu Biasa.

Komposisi Susu Kolostrum

Komposi susu kolostrum sangat berbeda dengan komposisi susu biasa. Kolostrum mengandung konsentrasi zat padat yang tinggi:

- Casein, protein whey (terutama globulin), 

- Garam mineral lebih tinggi (Ca, Mg, P, Cl lebih tinggi, Potasium lebih rendah); 

- Laktosa lebih rendah; 

- Lemak bisa lebih tinggi bisa lebih rendah. 

Demikianlah artikel tentang komposisi susu kolostrum pada sapi yang pastinya berbeda dari susu biasa kerana  sangat bergizi dan memeiliki kandungan antibody yang sangat tinggi untuk anak atau bayi. Semoga bermanfaat.

Yusran A. Yahya (Disarikan dari berbagai sumber dan leaflet)

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment