#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Tingkatkan Efisiensi Pakan dengan Pengolahan Mekanik

DIOLUHTAN-suluhtani. Pengolahan pakan (makanan ternak) merupakan suatu kegiatan untuk mengubah pakan tunggal atau campuran menjadi bahan pakan baru atau pakan olahan. Bahan pakan baru yang dihasilkan dari proses pengolahan diharapkan mengalami peningkatan kualitas. Proses pengolahan pakan ini mempunyai beberapa tujuan, diantaranya adalah :
1. Untuk meningkatkan kualitas bahan
Bahan pakan yang kualitasnya rendah (kandungan serat kasarnya tinggi dan kandungan protein kasarnya rendah) dapat ditingkatkan kualitasnya melalui pengolahan baik secara mekanik, fisik, biologi, kimia maupun gabungan berbagai cara pengolahan
2. Memudahkan penyimpanan
Pengolahan pada bahan pakan dapat menjadikan suatu bahan pakan lebih kecil ukurannya dan lebih homogen sehingga memudahkan dalam penyimpanan.
3. Pengawetan
Pengolahan dapat digunakan untuk tujuan pengawetan sehingga dapat mempertahankan kualitas dari bahan pakan
4. Untuk meningkatkan palatabilitas
Palatabilitas pakan dapat ditingkatkan melalui proses pengolahan pakan yang sesuai dengan jenis, umur dan fase hidup ternak
5. Untuk meningkatkan efisiensi pakan
Peningkatan kualitas pakan melalui proses pengolahan akan meningkatkan produktivitas ternak yang mencerminkan peningkatan  efisiensi pakan.
6. Untuk memudahkan handling dan mixing pada pembuatan pakan jadi.
Pembuatan pakan jadi meliputi tahapan persiapan bahan pakan, penimbangan bahan pakan, penggilingan bahan pakan, pencampuran dan pengemasan  pakan jadi. Pengaturan tahapan proses pengolahan pakan tersebut akan menghasilkan  kualitas pakan jadi yang meningkat.

Cara Pengolahan pakan
Pemilihan terhadap cara pengolahan  yang tepat terhadap bahan pakan  perlu dilakukan sehingga pengolahan yang dilakukan akan benar-benar bermanfaat meningkatkan kualitas nutrisinya. Salah satunya dengan pengolahan Mekanik yang akan dibahas pada penyuluhan kali ini. Secara umum, selain pengolahan secara mekanik, pengolahan pakan dapat dilakukan melalui dengan cara : 1) Pengolahan fisik; 2) Pengolahan kimia; 3) Pengolahan Biologi; dan 4) Gabungan dari keempat cara tersebut (fisik, mekanik, kimia dan biologi).
Pengolahan  mekanik merupakan suatu upaya untuk mengubah sifat pakan melalui proses mekanik. Pengolahan  mekanik ini mencakup :
Dehulling
Dehulling adalah proses pengolahan dengan pelepasan atau menghilangkan lapisan luar kulit kulit luar atau memecahkan kulit luar biji-bijian, kacang-kacangan atau buah-buahan. Bahan pakan yang telah mengalami proses dehulling akan terpisah antara kulit dengan bijinya. Kulit yang dihasilkan dari proses dehulling  ini merupakan limbah pertanian yang berpotensi sebagai bahan pakan, hanya saja kualitasnya yang rendah memerlukan cara pengolahan lebih lanjut untuk dapat dipergunakan sebagai bahan pakan. 

Dehulling (Foto: indonesia.alibaba.com)

Grinding
Grinding adalah pengolahan pakan dengan cara pengurangan atau memperkecil partikel-partikel bahan sehingga dapat meningkatkan luas permukaan bahan. Ukuran partikel yang diperoleh sesuai dengan ukuran saringan yang dipakai pada mesin grinder. Tipe mesin grinder yang biasa dipakai adalah : diskmikll,  hammermill dan rollermill. Perbedaan ketiga tipe mesin yang digunakan terletak pada bentuk dan cara penghancuran bahan. Diskmill mempunyai alat penghancur berupa lempengan yang dapat menggerus dan mengoyak bahan pakan sehingga hancur. Hammer mill berbentuk palu yang memukul bahan pakan sehingga hancur sedangkan rollermill berbentuk silinder yang menekan bahan pakan.
Grinding (Foto: iwanaik.wordpres.com)
Extruding
Extruding (Gelatinization) adalah proses pengolahan pakan dengan cara ditekan, didorong atau pemutaran melalui penciutan (di press) dibawah kondisi tekanan dan pemanasan.
Extruding (Foto: widiyanto.blogspot.com)
Rolling
Rolling adalah proses menekan bahan ke dalam pencetak berbentuk silinder. Proses pengolahan pakan dengan cara rolling tanpa penambahan uap air disebut dry rolling. Proses pengolahan pakan dengan cara rolling  dan diberi  uap air selama 1 – 8 menit disebut steam rolling. Fungsi dari cara pengolahan ini adalah untuk memperlunak bahan dan meningkatkan palatabilitas
Rolling (Foto: blogriyani.blogspot.com)
Chopping
Chopping adalah proses pengolahan bahan pakan (biasanya hijauan untuk ternak ruminansia) dengan cara pencacahan atau pemotongan dengan panjang antara 2 – 5 cm. Fungsi dari Chopping adalah memperkecil ukuran bahan dan menghindari sifat memilih dari ternak.
Pencacahan dengan Mesin Chopper (Chopping)

Demikianlah penyuluhan singkat ini, dengan harapan bahwa Anda dapat membedakan dan mengatahui teknik-teknik pengolahan berbagai bahan pakan ternak dan pada akhirnya menentukan strategi untuk mempertahankan mutu serta meningkatkan nilai nutrisi bahan pakan.
Yusran A.Yahya NS
(Disarikan dari catatan penulis selama kuliah dan lokakarya lainnya)

Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment