Tidak ada yang lebih penting dalam pergaulan umat manusia di dunia ini selain komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pikiran, gagasan atau ide, atau pesan dari seseorang kepada orang lain. Kita berkewajiban untuk mengupayakan segala cara untuk menggunakan semua alat yang ada agar penyuluhan menjadi efektif. media penyuluhan ini adalah salahsatu media visual yang memaparkan penyuluhan pada komoditi bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Renstra Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian sampai Tahun 2010-2014

(Yusran A. Yahya / BP4K Kab. Bone)

Merupakan kelanjutan dari Renstra BPSDMP 2005-2009, yang dirancang untuk menghasilkan SDM pertanian yang profesional dan berdaya saing tinggi dalam kerangka perwujudan pertanian industrial berbasis sumberdaya lokal menuju kepada peningkatan kemandirian pangan, nilai tambah, ekspor dan kesejahteraan petani.

Program Aksi/Kegiatan Utama
Meliputi (lima) aspek, yaitu: (I) pemantapan sistem penyuluhan pertanian: (2) pemantapan sistem pelatihan pertanian; (3) revitalisasi sistem pendidikan pertanian; (4) pengembangan standardisasi dan sertifikasi profesi SDM pertanian; serta (5) dukungan manajemen dan teknis lainnya.

Pemantapan Sistem Penyuluhan Pertanian
Kegiatan utama, penataan kelembagaan dan ketenagaan penyuluhan pertanian, pemberdayaan kelembagaan petani dan usahatani, serta pengembangan program dan informasi penyuluhan pertanian.
Fokus kegiatan penataan kelembagaan dan ketenagaan penyuluhan pertanian, adalah (a) pengawalan penerbitan peraturan perundang-undangan penyuluhan pertanian; (b) penataan Badan Koordinasi Penyuluhan, Badan Pelaksana Penyuluhan dan Balai Penyuluhan Kecamatan sesuai dengan UU Nomor 16/2006; (c) penataan pos pelayanan penyuluhan desa/kelurahan; (d) perencanaan ketenagaan penyuluh pertanian serta fasilitasi penyelesaian penyuluh pertanian honorer dan tenaga harian lepas tenaga bantu penyuluh pertanian (THL-TBPP); serta (e) identifikasi dan penetapan petani sukses menjadi penyuluh swadaya.

Fokus kegiatan pemberdayaan kelembagaan petani dan usahatani adalah (a) fasilitasi penumbuhan gabungan kelompok tani (Gapoktan) melalui program pemberdayaan masyarakat tani; dan (b) pengembangan Gapoktan menjadi kelembagaan ekonomi perdesaan.
Fokus kegiatan pengembangan program dan informasi penyuluhan pertanian adalah (a) pengembangan programa penyuluhan pertanian nasional mendukung target empat sukses pembangunan pertanian serta mengantisipasi perubahan iklim dan kelestarian lingkungan; (b) pengembangan sistem informasi manajemen penyuluhan pertanian; (c) pengembangan cyber extension untuk mendukung efektivitas penyelenggaraan penyuluhan pertanian; dan (d) penyelenggaraan penyuluhan yang dikelola petani melalui program Farmers Empowerment through Agricultural Technology and Information (FEATI).

http://sinartani.com/

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment