#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Penyebab Lumpuh pada Ayam


Kelumpuhan pada ayam banyak penyebabnya. Sama seperti penyakit lain pada ayam, penyebabnya harus dicari dahulu, baru bisa dicarikan obat yang cocok. Kesulitannya adalah, Ayam (dan binatang lain) tidak bias berbicara. Sehingga kita terkadang tidak tahu pasti penyebab sakitnya. Akibatnya sering salah obat dan ayam tidak kunjung sembuh. Untuk itu kita harus pandai melihat gelagat ayam yang sakit tersebut.
Untuk kelumpuhan, bisa dibagi menjadi 4 macam penyebab.
1. Penyakit.
Penyakit ayam yang sering menyebabkan kelumpuhan salah satunya tetelo (ND). Kebanyakan ayam yang terserang akan mati. Tetapi bila sudah divaksin atau daya tahannya cukup kuat, biasanya ayam yang diserang akan terlihat 'celeng' dan lama kelamaan akan lumpuh.
Sepanjang pengetahuan saya, tidak ada obat yang bisa menyembuhkannya karena penyakit ini menyerang saraf dan sistem pernapasan. Penyakit lain misalnya cacar akut, marek, dan Komplikasi CRD (tentunya kondisi sudah parah).
2. Keseleo atau terkilir.
Gejala awalnya tentu saja pincang. Lama kelamaan tidak bisa jalan.
Untuk mengetahui daerah yang sakit, raba kaki ayam dari jari sampai pangkal paha. Biasanya daerah yang sakit akan terasa lebih panas dibanding daerah lainnya. Obati dengan mengoleskan balsam atau arak. Bisa juga pakai thrombopop. Sebagian orang mencabuti bulu di daerah yang sakit atau mencukurnya terlebih dahulu.
3. Luka.
Mungkin ini yang paling gampang mencari sumber penyebabnya. Cari sumbernya, lalu diobati. Luka yang menyebabkan lumpuh biasanya bubul ditelapak kaki atau pada lutut (bubul gantung). Keduanya susah susah gampang untuk disembuhkan. Harus rajin mengobati.
4. Kurang vitamin.
Kekurangan kalsium dan zat besi dapat menyebabkan kelumpuhan pada ayam (terutama ayam muda). Solusinya tentu dengan memberikan kedua macam vitamin tersebut pada ayam.

Jadi yang terpenting cari dulu penyebabnya... baru tentukan obat yang cocok. 
Saya juga pernah mengalami hal ini pada ayam saya (umur 7 bulanan juga). Kesimpulannya ayam saya kurang vitamin. Saya obati dengan kalk dan vitamin B. Selain itu kakinya saya kasih balsem biar hangat. Juga ada tambahan obat ramuan china. Namanya Chin-khoo. Dibeli di toko obat china. Satu botol berisi 100 butir harganya sekitar 10.000-an. Diberikan pada ayam pagi sore masing-masing 5-7 butir setiap hari. Obat ini berfungsi merangsang otot otot.
Ada satu obat lagi untuk lumpuh. Namanya Biosolamin. Diberikan dengan menyuntik. Cukup 0,5 cc dicampur B kompleks cair 1 cc, seminggu sekali saja. Ini cuma pengalaman saya saja lho mas... Tiap ayam tentu punya kasus yang berbeda. Tapi mudah mudahan cocok.
Semoga ternak ayam anda lekas sembuh...
Catatan :
ayam jago selain lumpuh akibat kerusakan otot (selesai diadu, atau meloncat dri ketinggian) bisa juga dari penyakit. Penyakit yang menyerang saraf diantaranya ; Tetelo (Newcastle Disease), Gumboro, Avian Influensae (Flu burung), saat ini ketiga penyakit akibat virus tsb belum ada obatnya, pencegahan bisa dengan vaksinasi semasa ayam masih kecil. Saya kurang informasi dari anda bagaimana ciri2 lain selain lumpuh untuk bantuan diagnosa penyakit ayam anda. Saya hanya bisa menyarankan untuk meningkatkan kesehatannya saja. Untuk ayam lumpuh anda beri asupan makanan yg banyak mengandung kalsium, fosfor, vit A, vit D, vit B12. Beri juga beberapa potong daging udang kupas kulit, 2 biji per hari. Untuk recovery sendinya bisa anda beri obat khusus sendi Osteoflam dgn dosis 1/2 kapsul per hari.
Kukuruyuuuuukkkk....
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment