#SAVE PENYULUH..... #SAVE PETANI..... WUJUDKAN SWASEMBADA

#SAVE PENYULUH.....  #SAVE PETANI.....  WUJUDKAN SWASEMBADA

Tangkal Ternak Sapi dari Intaian Penyakit

DIOLUHTAN-suluhtani. Ternak sapi termasuk hewan ternak yang punya tantangan sendiri dalam perawatannya, terlebih lagi untuk dikembangkan sebagai usaha agribisnis, tentu bukanlah menjadi sebuah peluang usaha yang mudah. Namun, siapa sangka jika ternyata ternak sapi dapat memberikan keuntungan yang besar. Ternak yang tergolong ruminansia ini merupakan hewan ternak yang banyak dibudidayakan masyarakat selain kambing. Ternak sapi terbagi menjadi ternak sapi perah dan ternak sapi pedaging. Jelang perayaan Idul Adha, biasanya permintaan sapi pedaging untuk kurban meningkat.

Agar sapi tidak mudah terserang penyakit perlu dijaga kesehatannya dengan benar. Cara menjaga agar sapi tetap sehat pada dasarnya mudah diterapkan. Hanya saja tetap dibutuhkan ketelitian peternak dalam memantau perubahan yang terjadi pada hewan ternaknya.

Berikut cara mencegah serangan penyakit pada peternakan sapi yang disarikan dari berbagai sumber:

1. Siapkan kandang isolasi

Kandang isolasi berfungsi untuk menampung sapi yang didapat dari luar wilayah untuk diamati terlebih dahulu perkembangannya. Peternak perlu memastikan kondisi sapi benar-benar sehat. Jika sapi memiliki beberapa gejala penyakit perlu segera ditangani sehingga tidak menularkan ke hewan ternak lainnya.

Selain itu. kandang isolasi juga dapat digunakan untuk memisahkan ternak yang sedang diisolasi.  Isolasi merupakan tindakan pemisahan ternak yang sedang menderita penyakit menular dari dalam kandang ke tempat yang jauh dari kandang. Tindakan ini dilakukan untuk mencegah penularan dan proses penyembuhan akan lebih terfous pada sapi yang sakit.

2. Pemberian vaksin

Vaksin merupakan tindakan untuk memberikan kekebalan pada tubuh sapi sehingga tahan terhadap penyakit yang berasal dari bakteri dan virus. Deworming adalah tindakan pengobatan atau pengeluaran cacing dengan obat kimia atau bahan lain. Deworming biasanya dilakukan 4 bulan sekali dengan dosis sesuai anjuran.

Deticking adalah pembasmian atau pembebasan kutu dari ternak yang dipelihara. Meski terlihat kecil dan tidak berbahaya, kutu harus tetap dihilangkan agar tidak mengganggu kesehatan sapi.

3. Sanitasi kandang

Kandang yang bersih akan menjauhkan hewan ternak dari serangan berbagai penyakit. Sanitasi kandang sangat penting untuk diperhatikan peternak. Selain itu peralatan ternak juga harus secara rutin dibersihkan.

Kebersihan di dalam dan luar kandang perlu dijaga dengan memperhatikan kelembaban udara, sisa pakan yang berserakan dan semak yang tumbuh di sekitar kandang. Selain itu pakan dan air minum hewan ternak perlu dijaga agar tidak terkontaminasi.

Re-Suluh: Yusran A. Yahya NS (Source: www.sariagri.id)




Previous
Next Post »
Post a comment
Thanks for your comment